Selasa, 12 April 2011

Memaksimalkan Search Engine


Pernah mencari data di internet? Saya yakin kalau pasti pernah menggunakan search engine di inet untuk mencari data yang hendak anda cari. Dan mungkin kebanyakan akan menggunakan om gugel untuk mencari data yang diperlukan tersebut. Saya yakin anda semua pasti pernah yang namanya menggunakan om gugel digunakan sebagai search engine. Sepertinya search engine tuw sangat identik banget dengan yang namanya om gugel. Biarpun ada banyak search engine lainnya, seperti yahoo, altavista, live dan lainnya. Tapi apakah anda sudah menggunakan dengan cara pintar? Kebanyakan pengguna internet yang hanya tahu cara make internet kurang memahami cara menggunakan om gugel ini dengan sebaik-baiknya. Apakah mencari data “perekonomian Indonesia tahun 2002” dengan keyword perekonomian Indonesia tahun 2002 juga? Mungkin data yang kita cari akan ketemu juga dengan menggunakan keyword tadi. Tapi…bentar..bentar…setelah dicoba ternyata kok hasil pencariannya banyak yang ga sesuai dengan data yang kita butuhkan.

Hal itu terjadi karena om gugel menerjemahkan keyword tadi dengan mencari data yang mengandung kata perekonomian atau Indonesia atau tahun atau 2002. Jadi ada 4 keyword yang ada. Bayangkan kalau kita kita memakai keyword “ perekonomian Indonesia tahun 2002 dalam bentuk Microsoft word”. Alhasil kita akan membuang banyak waktu untuk mencari data yang kita inginkan tersebut. Tidak to the point. Apalagi kalau kita lagi di warnet yang lelelut plus mahal…hah, duit melayang lebih banyak pastinya.

Komputer memang beda dengan manusia. Bahasa yang digunakan juga berbeda dengan manusia. Tetapi beberapa orang awam cenderung akan memanusiakan computer. Saya jadi ingat dengan peristiwa 2tahunan yang lalu disebuah warnet di daerah Garut. Seoarang anak SMU memakai gugel dengan keyword Situs cerita porno yang bisa dikopi…Haah, gara2 17tahun.com men-disablekan ngopi cerita dari situs mereka. Kesian tuw anak jadi kelabakan ga bisa ngopi trus diprint lagi..Hahahaha…

Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa digunakan untuk memaksimalkan pencarian dan mengefisienkan waktu ketika kita menggunakan search engine di inet.

Pemakaian karakter matematika
Karakter ( + )
Karakter + diterjemahkan sebagai “dan”. Misal keyword a dan b maka kondisi a dan b harus terpenuhi. Misalnya “Perekonomian+Indonesia” untuk mencari data yang mengandung kata perekonomian dan Indonesia. Jika ada artikel di inet, satu saja yang tidak ada maka tidak akan ditampilkan.
Karakter ( – )
Karakter – bisa diartikan sebagai kecuali. Misal Olahraga+air-renang akan mencari data yang mengandung kata olahraga dan air tetapi tidak mengandung kata renang.
Karakter ( “” )
Dengan karakter tersebut maka akan dicari dengan ada persis dengan keyword yang diapit tanda tersebut. Ga dipisah2. Misalnya “Perekonomian Indonesia Tahun 2002” maka akan mencari data yang mengandung kata “perekonomian Indonesia Tahun 2002” tanpa dipisah. Data yang hanya mengandung kata “Perekonomian Indonesia” tidak akan ditampilkan.

Pemakaian symbol Bolean
bolean And
AND sama artinya dengan karakter + seperti penjelasan diatas.

Bolean NOT
Bolean NOT artinya sama dengan karakter (-) seperti penjelasan diatas

Bolean OR
Bolean OR sama artinya dengan spasi yang biasa kita pake. Keyword Perekonomian Indonesia tahun 2002 akan mencari data dengan mengandung kata Perekonomian or Indonesia or tahun or 2002

Bolean NEAR
Keyword Perekonomian near Indonesia akan mencari artikel yang mengandung kata Perekonomian berdampingan dengan Indonesia. Data dengan “perekonomian di Indonesia” misalnya tidak akan ditampilkan.

Pemakaian karakter matematika dan karakter bolean diatas tadi bisa digabung juga. Misalnya dengan keyword perekonomian +Indonesia +“tahun 2002” –inflasi.

Demikian tips untuk memaksimalkan pencarian di searh engine. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar